Menurut WHO yaitu suatu bagian menyeluruh (Integral) dari organisasi dan medis yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan yang lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitatif, dimana pelayanan keluarga menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan (Yaslis Iiyas:2001).
Rumah sakit sebagai salah satu sub sistem pelayanan memberikan dua jenis pelayanan kepada masyarakat, yaitu pelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi. Pelayanan kesehatan mencakup pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitasi medik dan pelayanan keperawatan.
Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan (teknologi kedokteran) serta peningkatkan pendapatan dan pendidilkan masyarakat maka pelayanan rumah sakit saat ini bukan hanya pelayanan yang bersifat kuratif tetapi juga bersifat pemulihan (rehabilitatif) yang dilaksanakan secara terpadu melalui upaya promosi kesehatan (Promotif) dan pencegahan (preventif).
Rumah sakit merupakan sebuah organisasi yang berbeda dengan organisasi lain pada umumnya. Sebagai suatu organisasi, Rumah sakit mempunyai ciri khusus yang tidak sama dengan organisasi lainnya. Menurut Rachel Massie (1997) yang dikutip oleh Candra Yoga, ada tiga ciri khas rumah sakit yang membedakan dengan industri lain, yaitu :
- Bahan baku dari industri jasa kesehatan rumah sakit adalah manusia. Unsur manusia perlu mendapat perhatian dan tanggung jawab pengelola rumah sakit.
- Dalam industri rumah sakit yang disebut sebagai pelanggang (customer) tidak selalu mereka yang menerima pelayanan
- Pentingnya peran para profesional dalam memberikan jasa pelayanan kesehatan
ARTIKEL TERKAIT: