ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MASSENREMPULU KABUPATEN ENREKANG
Perwujudan derajat kesehatan masyarakat yang optimal harus ditunjang dengan pelayanan yang diselenggarakan secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat yang tentunya juga harus ditunjang dengan proses pelayanan yang berkualitas dan memberikan kepuasan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan peningkatan kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang lebih berkualitas. Beberapa aspek yang berhubungan dengan mutu pelayanan tersebut yang pada penelitian ini mencakup jumlah petugas, ketanggapan petugas, kehandalan petugas dan ketersediaan fasilitas/sarana pelayanan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk menganalisis hubungan faktor jumlah petugas, kehandalan petugas, ketanggapan petugas dan ketersediaan fasilitas/sarana pelayanan dalam rangka perwujudan mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum Massenrempulu Enrekang.
Sampel penelitian adalah pasien rawat inap berjumlah 102 orang dengan metode pengambilan sampel secara proporsional stratified random sampling dengan besar sampel ditentukan mengguanakan rumus. Pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan wawancara langsung kepada responden yang kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan uji Chi Square Test yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan tabel hubungan antar variabel penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan jumlah petugas dengan perwujudan mutu pelayanan kesehatan dimana jumlah petugas bukan menjadi unsur utama penilaian pasien terhadap kepuasan pelayanan yang diberikan, sedangkan ketanggapan petugas, kehandalan petugas dan ketersediaan fasilitas/sarana menunjukkan hubungan dimana petugas yang memiliki ketanggapan yang tinggi memiliki kehandalan yang tinggi akan meningkatkan kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan dan ketersediaan sarana dan fasilitas yang cukup memadai akan mendukung pelayanan yang memberikan kepuasan kepada pasien.
Saran yang diajukan pada penelitian adalah dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pasien atas pelayanan yang berkualitas maka diperlukan ketanggapan dan kehandalan petugas yang memenuhi syarat yang dapat diwujudkan melalui pemberian pelatihan dan peningkatan jenjang pendidikan yang dimiliki petugas dan upaya penambahan jenis fasilitas dan sarana pelayanan kesehatan juga perlu mendapat perhatian dengan lebih mengutamakan jenis sarana pelayanan yang sangat dibutuhkan oleh pasien dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas dan memuaskan.
Kepustakaan : 28 (1987 – 2007)
Sebelum mendownload harap tinggalkan email konfirmasi atau like di facebook
ARTIKEL TERKAIT: