ANALISIS
MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM
MASSENREMPULU KABUPATEN ENREKANG
Perwujudan derajat kesehatan masyarakat yang
optimal harus ditunjang dengan pelayanan yang diselenggarakan secara merata
kepada seluruh lapisan masyarakat yang tentunya juga harus ditunjang dengan
proses pelayanan yang berkualitas dan memberikan kepuasan. Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi menyebabkan peningkatan kebutuhan masyarakat akan
pelayanan yang lebih berkualitas. Beberapa aspek yang berhubungan dengan mutu
pelayanan tersebut yang pada penelitian ini mencakup jumlah petugas,
ketanggapan petugas, kehandalan petugas dan ketersediaan fasilitas/sarana
pelayanan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah
observasional dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk
menganalisis hubungan faktor jumlah petugas, kehandalan petugas, ketanggapan
petugas dan ketersediaan fasilitas/sarana pelayanan dalam rangka perwujudan
mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum Massenrempulu Enrekang.
Sampel penelitian adalah pasien rawat inap
berjumlah 102 orang dengan metode pengambilan sampel secara proporsional
stratified random sampling dengan besar sampel ditentukan mengguanakan rumus.
Pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan wawancara langsung kepada
responden yang kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan uji Chi Square
Test yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan tabel hubungan
antar variabel penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat
hubungan jumlah petugas dengan perwujudan mutu pelayanan kesehatan dimana
jumlah petugas bukan menjadi unsur utama penilaian pasien terhadap kepuasan
pelayanan yang diberikan, sedangkan ketanggapan petugas, kehandalan petugas dan
ketersediaan fasilitas/sarana menunjukkan hubungan dimana petugas yang memiliki
ketanggapan yang tinggi memiliki kehandalan yang tinggi akan meningkatkan
kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan dan ketersediaan sarana dan
fasilitas yang cukup memadai akan mendukung pelayanan yang memberikan kepuasan
kepada pasien.
Saran yang diajukan pada penelitian adalah dalam
rangka pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pasien atas pelayanan yang berkualitas
maka diperlukan ketanggapan dan kehandalan petugas yang memenuhi syarat yang
dapat diwujudkan melalui pemberian pelatihan dan peningkatan jenjang pendidikan
yang dimiliki petugas dan upaya penambahan jenis fasilitas dan sarana pelayanan
kesehatan juga perlu mendapat perhatian dengan lebih mengutamakan jenis sarana
pelayanan yang sangat dibutuhkan oleh pasien dalam rangka pemenuhan kebutuhan
pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas dan memuaskan.
Kepustakaan : 28 (1987 – 2007)
Untuk Mendownload File Lengkap silahkan ikuti link di berikut
Sebelum mendownload harap tinggalkan email konfirmasi atau like di facebook
ARTIKEL TERKAIT: