Panduan SPSS - Jendela Windows SPSS 17


Jendela windows adalah tampilan layar SPSS 17 yang lebih dinamis mengikuti perkembangan sistem operating system Windows 7 sehingga aplikasi ini dapat berjalan dengan stabil dan sesuai dengan tampilan windows aero pada windows 7. Lain halnya pada SPSS 15, tampilan layer masih mengikuti windows XP yang masih sederhana dan inilah salah satu keunggulan dari SPSS 17 dari versi sebelumnya.


Secara umum, jendela windows SPSS terdiri dari 2 buah yaitu
variabel view dan data view. Variabel view merupakan ruang pemasukkan sub-sub dan penjelasan terperinci dari berbagai variabel yang diinginkan sehubungan dengan pemasukan data. Misalnya data tentang jenis kelamin terdiri atas laki-laki dan perempuan dimana laki-laki dan perempuan adalah data yang nantinya akan tersimbolkan atau terkelompokkan, sedangkan penjelasan tentang cara dan bentuk pengelompokkan, karakteristik dari variabel jenis kelamin dan ketentuan-ketentuan yang memuat tentang jenis kelamin semuanya diungkapkan dalam jendela variabel view.

Selanjutnya, jendela data view merupakan ruang dari data yang telah dikumpulkan dan dikelompokkan atau disimbolkan baik dalam bentuk numerik maupun non numerik. Numerik dimaksudkan data dalam bentuk angka seperti 0, 1, 2 dan seterusnya sedangkan non numerik adalah data dalam bentuk huruf seperti A, B, C dan seterusnya atau dikenal dengan string pada SPSS. 


Untuk lebih jelasnya dari kedua jendela windows SPSS akan lebih mudah dipahami pada saat penggunaan aplikasi ini di tingkat lanjut. Penjelasan di atas merupakan deskripsi singkat untuk memberi gambaran secara umum dari jendela windows SPSS 17.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Entri Populer