Download Skripsi Epid - Analisis Faktor Risiko Ca Serviks

ANALISIS FAKTOR RISIKO TERJADINYA KANKER LEHER RAHIM (CARSINOMA SERVIKX) DI  RS  DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

RISK FACTOR ANALYSIS OF CANCER Cervical (CARSINOMA SERVIKX) IN RS DR Wahidin Sudirohusodo MAKASSAR

Cervical cancer is cancer that occurs in the uterine cervix, an area in the female reproductive organ which is the entrance to the uterus located between the womb (uterus) and

vagina intercourse (vaginal). Cervical cancer occurs is characterized by the growth of cells on the cervix which is not unusual (abnormal). But before these cells become cancer cells, there are some changes experienced by these cells. Direct cause of cervical cancer is not known with certainty, but there is strong evidence that the occurrence is closely linked to a number of extrinsic factors on this occasion the researchers examined several risk factors for the causes of cervical cancer is age at first marriage, the birth / parity, abortion, low hygiene, smoking behavior and use of hormonal contraceptives.

Kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). Kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Tetapi sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Penyebab langsung kanker leher rahim belum diketahui  secara pasti, tetapi ada bukti kuat bahwa kejadiannya berhubungan erat dengan sejumlah faktor ekstrinsik yang pada kesempatan ini peneliti meneliti beberapa faktor risiko peyebab terjadinya kanker servik yaitu umur perkawinan  pertama, jumlah kelahiran/paritas, abortus, higiene rendah, perilaku merokok dan penggunaan alat kontrasepsi hormonal.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan Case Control Study yang bertujuan untuk menganalisis faktor risiko umur perkawinan pertama, jumlah kelahiran/paritas, abortus, higiene rendah, perilaku merokok, penggunaan alat kontrasepsi hormonal terhadap kejadian kanker servik.

Sampel penelitian ditentukan berdasarkan penentuan besar sampel Case Control Study dengan perbandingan kasus dan kontrol adalah 1 : 1 dengan menggunakan tabel lemeshow sehingga besar sampel sebanyak 136 dengan perincian kasus 68 dan kontrol 68 sampel.

Pengumpulan data dengan melaksanakan wawancara langsung kepada responden menggunakan bantuan kuesioner. Data yang dikumpulkan kemduian diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi analisis univariat dan tabel silang analisis bivariat disertai penjelasan. Analisis data penelitian dengan menggunakan pengujian statistik Odds Ratio (OR) dan memperhitungkan nilai Confidence Interval (CI) Lower dan Upper limit.

Hasil penelitian diperoleh bahwa umur melaksanakan perkawinan < 20 tahun merupakan faktor risiko 2.7 kali, jumlah kelahiran > 3 anak berisiko 4 kali, abortus berisiko 3.6 kali, dan penggunaan alat kontrasepsi hormonal IUD berisiko 3.2 kali terhadap kejadian kanker servik. Sedangkan perilaku merokok dan higiene rendah bukan merupakan faktor risiko yang signifikan berdasarkan nilai CI yang mencakup satu.

Saran yang diajukan pada penelitian adalah perlunya pembatasan penggunaan alat kontrasepsi hormonal jenis IUD kepada pasangan usia subur dalam rangka penanggulangan dan penurunan angka kematian ibu akibat kanker servik, perlunya penyebaran informasi yang secara merata kepada masyarakat tentang kanker servik dan pencegahannya terutama bagi kaum perempuan yang harus dilakukan secara dini melalui sekolah-
sekolah sehingga mengurangi jumlah kejadian kanker servik serta dalam rangka pendeteksian lebih dini kanker servik yang memudahkan dalam pengobatan, informasi tentang dampak aborsi juga perlu disebarkan
terutama pelaksanaan aborsi yang tidak sehat yang dilaksanakan pada fasilitas kesehatan yang profesional dan perlunya pemberian informasi terutama kepada kaum remaja dalam rangka pendewasaan usia perkawinan sebagai bentuk upaya pencegahan kejadian kanker servik 

Kata Kunci : Ca Serviks, umur perkawinan, abortus, IUD, merokok 

Before download must leave email for confirm or like in facebook
Sebelum download diharapkan meninggalkan email konfirmasi atau like di facebook. Thanks

ARTIKEL TERKAIT:

Entri Populer