Tutorial Navicat - Navicat untuk Pengolahan Data Base (DB)


Data base, hmmm, mungkin pada penasaran seperti apa sih itu data base (DB)
, sama seperti saya awalnya yang masih buta dengan yang namanya aplikasi. Sama halnya pada tulisan ini juga saya sendiri masih bingung mau beri judul postingan. Dari pada bingung dan tidak pernah menulis lebih baik kita bahas saja.

DB secara umum diartikan data dasar atau data pokok, tapi pemaknaannya tidak sesederhana itu, DB sendiri merupakan kumpulan dari berbagai kelompok data yang digabungkan menjadi satu kesatuan yang dapat dikomunikasikan/diinteraksikan sesuai kebutuhan. Seperti halnya pada sebuah web sendiri memiliki unsur data base yang sangat banyak, namun dari berbagai data tersebut kemudian dapat dikelompokkan beradasarkan adanya kesamaan karakteristik datanya sehingga segala data tersebut menjadi satu kesatuan utuh jika dikomunikasikan antara kelompok data yang satu dengan yang lainnya.

Pengolahan DB secara umum dapat dibedakan berdasarkan metode penggunaannya seperti pada microsoft yang lebih memanfaatkan DB jenis SQL, aplikasi web menggunakan MySql, PostgreSQL, Oracle dan SQLite. Kesemua jenis DB tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama dalam hal pengelompokkan data yang tentunya akan berbeda pula dalam pengolahan datanya.

DB ini sangat penting dan perlu untuk tetap dijaga keberadaannya sehingga sering menjadi sumber konflik yang disebabkan karena adanya kesalahan baik dari data itu sendiri maupun dalam pemaknaannya. Sisitem pengelolaan DB ini diperlukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya konflik terkait DB tersebut. 

Pada kesempatan ini penulis akan memberikan pengetahuan dasar dalam mengelola DB dengan Navicat. Pada dasarnya, pengolah DB cukup banyak namun karena Navicat lebih familiar dan memiliki antar muka yang lebih baik sehingga kenapa penulis menggunakannya untuk kebutuhan pengolahan DB.

Pengenalan Navicat
Navicat memiliki fitur yang mudah digunakan sehingga dikatakan user friendly
Berikut adalah tampilan dari Navicat

Navicat Windows

Navicat memiliki menu antar muka yang dapat dimanfaatkan untuk pengolahan DB baik jenis MySQL, SQL, PostgreeSQL, Oracle dan SQLite

Pertama menjalankan Navicat, kita harus dapat mengkomunikasikan DB pada komputer maupun dalam suatu server komputer. Koneksi DB tersebut dengan memilih menu Connection yang dilanjutkan dengan pemilihan jenis DB yang digunakan komputer server.

Menu Koneksi DB

Setelah DB terkoneksi, selanjutnya kita dapat mengolah sumber DB yang telah diperoleh Navicat. Pengolahannya baik yang sifatnya dasar sampai pada yang sifatnya multi pengolahan. Untuk pengolahan data, Navicat memberikan menu berupa : Tabel, View, Function, Event, Query, Report, Backup, Schedule, dan Model. Menu-menu ini merupakan menu utama yang dibutuhkan dalam pengelolaan dan pengolahan data dengan Navicat. menu-menu ini nantinya akan digunakan dalam perubahan, penambahan tabel data, penambahan baris data dan lain sebagainya sehingga DB yang telah dikoneksi di Navicat dapat dimanfaatkan secara optimal.

Pengkoneksian dalam rangka pengambilan data komputer server dengan memperhatikan beberapa hal seperti nama koneksi, nama host atau IP adress sumber utama DB, port, username, dan password yang digunakan oleh DB. Jika parameter ini tidak dimasukkan dengan benar maka DB tidak dapat dikoneksikan Navicat dan kita tidak akan bisa mengolah data tersebut. Jadi langkah awal yang harus dilakukan adalah menghubungkan DB yang akan dimanfaatkan dari komputer server.

Menu input parameter koneksi DB

Setelah DB terkoneksi, langkah selanjutnya adalah melakukan berbagai pengolahan dati DB yang telah diperoleh.

Menu Antar Muka Navicat

 Menu Table digunakan untuk membuat dan memasukkan tabel pada DB

 Menu View digunakan untuk meninjau data tabel termasuk kelompok tabel yang tersedia pada DB

 Menu Function digunakan untuk melakukan perhitungan beberapa kelompok data pada DB

 Menu Query merupakan menu yang paling sering digunakan khususnya dalam hal pengkomunikasian beberapa kelompok data termasuk rekayasa dari data yang ada pada DB. Menu ini juga biasanya digunakan untuk pemasukkan kode-kode dalam upaya perbaikan data pada DB

 Menu Report digunakan untuk menyusun suatu laporan dari DB itu sendiri

 Menu ini sebagai menu utama yang harus sering dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan dan kerusakan pada DB. Menu ini diguanakan untuk dapat menyimpan hasil DB komputer server sehingga jika terjadi permasalahan dari data dapat dilakukan kilas balik dari data dengan adanya data Backup DB yang dihasilkan dari menu ini.

Dari beberapa penjelasan singkat dari penggunaan Navicat diatas kiranya masih jauh dari sempurna, namun penulis hanya dapat memberikan gambaran umum dalam penggunaan Navicat dalam pengelolaan DB. Semoga bermanfaat, Terima Kasih

ARTIKEL TERKAIT:

Entri Populer