Panduan SPSS - Mengenal SPSS 17



Secara singkat SPSS merupakan aplikasi komputer yang digunakan untuk melakukan analisis data. Secara spesifik, SPSS digunakan dalam pengelolaan data untuk keperluan analisis data. Jadi SPSS dimulai saat pemasukan data atau
entri data sampai penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan. Pengentrian data dimaksudkan dengan proses pemasukan data pada program SPSS untuk keperluan analisis. Sedangkan analisis data adalah kegiatan memaknai suatu data yang telah dimasukkan pada program untuk membantu dalam penafsiran data dan penarikan kesimpulan atas data. 

Secara program, SPSS merupakan aplikasi bermatriks yang terdiri dari ruang tabel dan ruang kolom yang ditujukan untuk keperluan pengentrian dan analisis data. Aplikasi SPSS dapat memuat banyak ruang dalam tabel dan baris sehingga memungkinkan dapat memenuhi ruang atas banyaknya data yang akan dimasukkan pada keperluan analisis. 

Perkembangan aplikasi ini telah dikenalkan sejak tahun 1986 yang kemudian diambil alih oleh IBM sejak tahun 2009. Program ini dinyatakan sebagai program analisis data yang akan membantu dalam pengambil keputusan yang tepat berbasiskan data. SPSS akan membantu dalam pengolahan data dan menganalisisnya dengan cepat dan tepat sehingga membantu dalam memprediksi output dan outcome dari suatu data serta membantu dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan yang tepat atas suatu masalah berbasiskan data.

Dengan SPSS akan membantu menyingkat waktu (efisiensi) kegiatan dalam menganalisis data. Hal ini dikarenakan dengan SPSS kita tidak membutuhkan perhitungan secara manual yang menghabiskan banyak waktu untuk menganalisis data. SPSS secara otomatis melakukan perhitungan tersebut dan memberikan hasil keluaran yang dapat dengan mudah dianalisis termasuk juga dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Program SPSS telah mengalami perkembangan sejak tahun 1986 dan sudah sampai pada versi 19 dan dianggap sebagai versi yang paling stabil menurut providernya yaitu IBM dan dirilis pada Agustus 2010. Pada kesempatan ini penulis tidak akan mengulas tentang SPSS versi 19. Meskipun versi 17 sudah terlewatkan namun untuk penggunaannya di masyarakat masih banyak yang menggunakan versi 17 dan sudah dianggap familiar. Kenapa dengan versi 17, kami menggunakan aplikasi dengan versi ganjil seperti 11, 13, 15 dan 17 bahkan 19. Aplikasi versi ganjil ini merupakan aplikasi penyempurnaan dari aplikasi versi genap seperti 10, 12, 14, 16 dan 18. 

Pada SPSS versi genap, merupakan pengujicobaan penambahan fitur baru dari SPSS yang kemudian penyempurnaannya pada versi ganjil terhadap buk-buk aplikasi yang dianggap mengurangi daya kerja program. Buk-buk aplikasi dimaksudkan dengan kesalahan-kesalahan atau error saat pelaksanaan aplikasi atau ketidakmampuan dari aplikasi SPSS melakukan analisis data. Sekiranya penjelasan singkat di atas dapat menjadi perhatian dan menambah pemahaman dasar tentang SPSS 17.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Entri Populer